Blogger Widgets
Blogger Widgets
click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Senin, 04 Juni 2012

BAB 4 MENU DAN IKON MICROSOFT EXCEL 2007



        
         Ms. Excel merupakan salah satu program yang ada di dalam komputer yang digunakan untuk memanipilasi data. Lembar kerja ms. Excel disebut  WORKSHEET . Worksheet disebut lembar kerja elektronikkarena memiliki kolom dan baris secara otomatis.

  A.Memulai aplikasi excel

Langkah untuk menjalankan aplikasi excel 2007 adalah sebagai berikut,

1.     Tekan power pada cpu.

2.  Tunggu beberapa saat, hingga di layar terlihat area kerja desktop windows.

3.   Klik tombol start pada baris taksbar.

4. Arahkan pada pilihan all programs ke microsoft office ke microsoft office excel 2007.

5.   Di layar akan terlihat lembar kerja (worksheet) excel.

 
B.Komponen-komponen excel 2007
Berikut komponen-komponen pada excel 2007 :

1.     Office button

Menu ini berisi barisan perintah standar untuk menjalankan excel. Misalnya new, open, save, print, atau publish.

2.  Quick access toolbar

Merupakan tombol untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu.

Untuk menambahkannya, ikuti langkah berikut ini!

a.     Klik customize quick access toolbar, lalu klik more commands.

b.     Pilih pada bagian customize.

c.      Pada popular commands, pilih tool yang ingin kita tambahkan. Misal, klik print preview.

d.     Lalu, klik add.

e.      Tampilan tool yang kita tambahkan muncul di bagian for all documents. Klik ok.

Sebaliknya, langkah untuk menghilangkan tool yang sudah terpasang, klik tool yang diinginkan, klik remove, lalu klik ok.

Tampilan setelah ditambahkan toolnya ;
 

3.  Document title
Merupakan judul program dan dokumen aktif atau nama file diikuti nama aplikasinya dari lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Misal, nama file yang baru kita buka book diikuti nama aplikasinya microsoft excel.
4.Tab ribbon
Merupakan deretan toolbar yang berisi beberapa group, di mana masing-masing group terdiri dariberbagai perintah yang sudah dikelompokkan berdasarkan fungsinya.
5.  Group
Berisi beberapa perintah yang sudah dikelompokkan sesuai dengan fungsinya. Perintah-perintah tersebut ditandai dengan gambar (ikon).




Apabila kita ingin mengatur group yg ada,klik panah di ujung bidang group(mis:Group aligment) sehingga muncul tampilan sbg :



C. memasukan data pada lembar kerja
 Untuk memasukan data pada lembar kerja excel, gunakan cara berikut :
1.     Klik sel tempat data, mis klik sel A1
2.  Ketik data yang diinginkan, mis ketik no
3.   Tekan enter atau gunakan panah bawah atau panah atas, atau panah kanan, panah kiri
4. Lakukan hal yang sama dengan langkah tersebut.




D . memindahkan penunjuk sel (pointer)    
Untuk memindahkan penunjuk sel (pointer) dapat dilakukan dengan mouse maupun keyboard.
1.     Apabila anda menggunakan mouse, cukup dengan klik alamat sel yang diinginkan
2.  Apabila anda menggunakan keyboard, maka gunakan salah satu tombol berikut.
Tombol
Perintah
→←↑↓
Memindahkan pointer satu sel ke kiri, kanan, atas dan bawah
Tab
Memindahkan pointer satu sel ke kanan
Shift+tab
Memindahkan pointer satu sel ke kiri
Enter
Memindahkan pointer satu sel ke bawah (default)
Shift+enter
Memindahkan pointer satu sel ke atas
Home
Memindahkan pointer pada posisi kolom A pada baris yang aktif
Ctrl+home
Memindahkan pointer pada alamat sel A1 pada lembar kerja yang masih aktif
Pg up
Memindahkan pointer satu layar ke atas
Pg dn
Memindahkan pointer satu layar ke bawah
Alt+pgup
Memindahkan pointer satu layar ke kiri
Alt+pgdn
Memindahkan satu layar ke kanan
Ctrl+pgup
Pindah dari satu lembar kerja berikutnya
Ctrl+pgdn
Pindah dari satu lembar kerja sebelumnya







   




    

                                                                                                                                                                                                                               

E.Memperbaiki kesalahan pengetikan data
Untuk memperbaiki kesalahanpenegtikan data yang anda masukkan ke dalam lembar kerja, gunakan cara berikut:
1.     Klik sel tempat data yang akan anda perbaiki, misalnya klik sel B2.
2.  Klik ganda (double klik) atau tekan tombol F2 pada keyboard.
3.   Lakukan perbaikan data pada alamat atau sel tersebut.
4. Tekan tombol enter atau klik alamat sel lain.

F. menyimpan buku kerja
Untuk menyimpan hasil pekerjaan anda dalam MS  office 2007, gunakan cara berikut:
1.     Kilk MS. Office button, kemudian kilk
 tombol save pada quick accsess toolbars.
2.  Di layar akan terlihat kotak dialog save as.
3.   Pada bagian save in; tentukan drive tempat
menyimpan file, misalnya klik drive F:
4. Pilih atau klik folder yang diinginkan,mislanya
 BANK DATA, kemudian klik open atau klik ganda
(double klik) folder BANK DATA.
5.   Pada bagian file name, ketik nama file sesuai keinginan, misalnya latihan 1.
6.   Klik tombol save.

G. menyimpan dengan nama lain.
Apabila lembar kerjayang telah anda simpan sebelumnya akan disimpan kemabli dengan nama lain
maka gunakan cara berikut:
1.     Klik ms. Office button, kemudian klik   tombol save as atau tekan f12.
2.  Di layar akan telihat kotak dialog save as.
3.   Pada bagian save in; tentukan drive tempat menyimpan file, misalnya klik drive F:
4. Pilih atau klik folder yang diinginkan, misalnya BANK DATA, kemudian klik Open atau klik ganda (double klik) folder BANK DATA.
5.   Pada bagian file name. Anda ketik nama fole sesuai keinginan, misalnya latihan 2.

H. menutup buku kerja
Untuk menutup buku kerja atau nama file ayang telah anda buat, gunakan cara berikut:
1.     Klik ms. Office button.
2.  Kik tombol close.
Di samping itu anda dapat anda gunakan tombol alt+f4.

I.Membuka atau mengaktifkan buku kerja.
Untuk mengaktifkan atau membuka kembali buku kerja atau nama file yang pernah Anda buat, gunakan cara berikut,
1.Klik ms Office button kemudian klik tombol Open atau tekan tombol Ctrl + O.
2.Dilayar akan terlihat kotak dialog Open.
3.Tentukan drive tempat nama file yang akan dibuka, misalnya klik drive F:/.
4.Klik atau pilih folder yang diinginkan, misalnya klik folder BANK DATA, kemudian  klik tombol Open atau klik ganda folder BANK DATA.
5.Klik nama file yang akan dibuka, kemudian klik tombol Open.

J.  Mengakhiri Aplikasi Excel
Untuk mengakhiri atau keluar dari aplikasi Excel 2007, gunakan cara berikut,
1.     Pastikan buku kerja atau nama file telah Anda simpan.
2.  Klik salah satu perintah keluar.

 
UJI KEPEMAHAMAN BAB 4



1.     Apakah fungsi dari Maximize pada Microsoft Excel...

a.     membuat warna pada huruf

b.     memperbesar tampilan jendela layar

c.      membuat garis batas atar paragraph

d.     menutup paragraph

e.      Mengakiri program

2.  Untuk menyimpan lembar kerja dengan nama lain dapat digunakan tombol...

a.     F5

b.     F8

c.      F10

d.     F12

e.      F2


3.   Menu bantuan disebut juga dengan menu...

a.     View

b.     Window

c.      Help

d.     Home

e.      Insert


4. Save terdapat di menu..

a.     Insert

b.     Referens

c.      Page layout

d.     View

e.      Home


5.   Ikon yg digunakan untuk memberi warna pada tulisan adalah ..

a.     Print

b.     Font

c.      Font color

d.     Fill color

e.      Text box              

6.   Salah satu program aplikasi pengelolah angka adalah...

a.     Ms. Word

b.     Ms. Excel

c.      Ms. Power point

d.     Ms. Grove

e.      Ms. Publisher


7.   Ikon yang digunakan untuk menampilkan hasil copy atau cut adalah ..

a.Paste

b.View

c.Review

d.Inserted

e.Font


8.   Untuk menyimpan data digunakan tombol..

a.     CTRL+V

b.     CTRL+S

c.      CRTL+O

d.     CTRL+X

e.      CRTL+C


9.   Untuk menampilkan jenis huruf tebal  digunakan perintah...

a.  Font

b. Bold

c.   Italic

d. Text font

e.  Colour


10. Untuk memberi warna pada tulisan  dapat menggunakan perintah...

a.     bold

b.     italic

c.      font color

d.     underline

e.      center

11.   Fasilitas print preview terdapat dalam submenu ....

a.     Print

b.     Home

c.      Send

d.     Publish

e.      Preview


12.  Tab  yang digunakan untuk menyisipkan word art pada ms.excel 2007 adalah....

a.     Home

b.     Edit

c.      Formulas

d.     Data

e.      Inserte

13.  Fasilitas yang digunakan untuk menyisipkan grafik (chart) pada ms.excel 2007 ....

a.     Home

b.     Insert

c.      View

d.     Edit

e.      New


14.  Combinasi dari CTRL+X berfungsi untuk melakukan perintah...

a.     Copy

b.     Cut

c.      Paste

d.     Close

e.      Open

15.  Fungsi utama dari print preview adalah...

a.     Mencetak dokumen

b.     Melihat dokumen

c.      Melihat tampilan

d.     Melihat ukuran kertas

e.      Melihat hasil sebelum di printing


GOOD LUCK  ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar