Blogger Widgets
Blogger Widgets
click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Rabu, 06 Juni 2012

BAB 5 MEMASUKAN DAN MENYUNTING DATA PADA EXCEL 2007


A.Tipe Data Masukan
1.      Teks atau Label
Data tipe teks adalah kombinasi antara huruf, angka, spasi, dan tanda baca lain yang tidak dapat digunakan untuk operasi matematika.
Prosedur untuk memasukkan data tipe teks ke suatu sel adalah sebagai berikut,
a.    Klik penunjuk sel pada posisi sel yang akan diisi data masukan.
b.    Ketik data yang diinginkan.
c.    Tekan Enter, tab atau geser mouse untuk berpindah ke posisi sel lain.
2.     Angka atau Numeric
Data tipe angka meliputi karakter 0 sampai 9, dan karakter khusus meliputi: + -.,() dan %.
a.       Klik penunjuk sel pada posisi sel yang akan diisi data angka.
b.      Ketik angka.
c.       Tekan Enter.



3.     Tanggal dan Waktu
Prosedur untuk memasukan data tipe tanggal ke dalam area lembar kerja sebagai berikut :
 a.  klik mouse pada posisi sel untuk  menempatkan data tanggal dan waktu
 b. Ketik tanggal dan waktu dalam format yang ingin anda tampilkan menggunakan tanda hubung kurang (-) atau garis miring (/). Misalnya 10 maret 2007 jam 20:15
c.  Dapat diketik dengan format 10/03/2007 jam 20:15.
d. Tekan tombol enter untuk mengakhiri data masukan.
B . Entri Data Berurutan
 Untuk memasukan data berurutan misalnya nomor urut, tanggal dan waktu dapat dilakukan cara berikut:
a.       Mis.. klik sel A2,kemudian ketik angka 1
b.      Tempatkan mouse pada pointer dipojok kanan bawah pada sel A2 tersebut sehingga membentuk simbol plus +
c.       Tekan tombol CTRL dan jangan di lepas.
d.       Klik dan jangan dilepas drag sampai sel akhir.
Membuat formula atau rumus secara berurutan dengan cara :
a)Misal klik sel A2 kemudian klik angka 1
b)      Klik sel A3
c)     Ketik = (simbol sama dengan)
d)      Klik sel A2 +1 sehingga dilayar terlihat formula =A2+1
e)      Tekan tombol enter atau klik ikon enter pada formula bar.
f)      Tempatkan mouse pada pointer pada di pojok kanan bawah pada sel A3 akan terlihat simbol + hitam
g)       Drag sampai sel akhir yang diinginkan.
C . Memilih Data
Cara yang digunakan untuk memilih data adalah sebagai berikut :
a.       Klik sel awal misalnya A1
b.       Tekan tombol shift jangan dilepas
c.        Klik sel akhir misalnya sel A6



Atau dengan cara :
a.       Klik sel awal misalnya A1
b.      Klik dan jangan lepas drag sampai
c.        sel akhir misalnya sel A6.
d.      Jika sudah lepas tombol mouse.
D . Hapus Data atau Format Data
Untuk menghapus data dapat digunakan cara sebagai berikut :
a.       Pilih atau sorot data yang akan di hapus.
b.       Tekan tombol delete/del pada keyboard
c.        Data akan terhapus
E. Memindahkan Data
Memindahkan data ketempat lain dapat dilakukan dengan cara berikut:
a.       Pilih atau sorot data yang diinginkan
b.       Pada tab home dan dalam group clipboard klik icon cut atau CTRL + X
c.        Pindahkan pentunjuk sel pada sel yang diinginkan
d.       Pada tab home dalam group clipboard klik tombol CTRL+V
F. Duplikat Data
Duplikat data dapat dilakukan dengan cara berikut :
a.       Sorot data yang akan dipindahkan
b.       Pada tab home dalam group clipboard atau dengan menekan tombol CTRL+C
c.        Tempatkan pada sel yang diinginkan
d.       Pada tab home dalam group clipboard atau dengan menekan tombol CTRL



G. Menyalin format dengan format painter
Untuk meng-copy atau menduplikat format  yang akan dicopy dapat dilakukan cara sebagai berikut :
a.       Sorot atau pilih data yang formatnya akan di copy atau duplikat
b.       Pada tab home dan dalam group clipboard klik format painter.
c.        Klik sel yang diinginkan
H. Membuat range atau blok sel
1. Membuat  range menggunakan tombol shift
           a. tempatkan petunjuk sel diawal range atau bagian awal sel yang ingin  di blok
           b. sambil menekan tombol shift tekan anak panah sampai ke tempt tujuan
2 . Membuat range dengan mouse
a.       Klik sel diawal range pointer atau mouse harus berada pada posisi plus putih
b.      Sambil tetap menekan klik kiri mouse dan drag sampai ketujuan yang diinginkan
3 . Membuat kolom atau baris
Suatu baris dapat disorot dengan mengeklik huruf kolom atau nomor baris yang diinginkan. Misalnya cukup klik kolom B jika ingin menyorot sluruh kolom B.
I . Duplikasi Data
1.       Sel relatif
Sel relatif adalah alamat sel yang apabila dicopy atau diduplikasi akan akan menyesuaikan atau akan berubah.
    2 . Sel absolut
Merupakan kebalikan dari sel relatif. Untuk menyesuaikan tersebut dapat dilakukan cara berikut :
a.       Klik misalnya sel B4
b.       Ketik simbol =
c.        Misal klik simbol A4 hal Ketik simbol *
d.       Klik sel B1 sehingga terlihat rumus =A4*B1
e.        Klik enter pada formula bar.
J . Memasukkan rangkaian data dengan fasilitas autofill
Untuk memasukan data dengan fasilitas autofill dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Pilih atau klik sel tempat posisi awal dari rangkaian data yang diinginkan
b.       Ketik data awal yang anda inginkan
c.        Pada sel berikutnya ketik data berikutnya yang anda inginkan
d.       Sorot atau bloglah
e.        Dalam keadaan masih tersorot arahkan pointer mouse pada pojok kanan bawah sel.
f.        Tekan tombol kiri mouse dan drag pointer ke sel yang diinginkan.

K . Menggunakan fasilitas autocalculator atau autosum
1.       Autocalculator
Fasilitas autocalculator (perhitungan otomatis) digunakan untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah.
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
a.       Sorot range yang akan dihitung.
b.      Klik tombol kanan mouse dibaris status dan pilih jenis kalkulasi yang diinginkan.
c.       Hasilnya akan ditampilkan dibaris status.
2.     Autosum
Fungsi autosum digunakan untuk menghitung cepat data-data yang sangat banyak, tetapi tidak dapat menulis secara otomatis dilembar kerja anda. Digunakan menggunakan rumus tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar