Blogger Widgets
Blogger Widgets
click to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own textclick to generate your own text

Minggu, 03 Juni 2012

BAB 6 FORMAT DATA PADA EXCEL 2007



A.    Mengatur Lebar Kolom
1.      Mengatur Lebar Kolom Menggunakan Mouse
a.       Arahkan Pointer mouse pada batas kanan kolom yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.
b.       Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus menekan mouse geser (drag)-lah mouse hingga lebar kolom sesuai yang diinginkan.
2.     Mengatur Lebar Kolom Sesuai Data Terpanjang
a.       Arahkan pointer mouse pada batas kanan huruf kolom yang akan diubah lebarnya.
b.       Klik dua kali pada batas kolom.

B.     Mengatur Tinggi Baris
1.       Arahkan pointer mouse pada batas bawah baris yang akan diubah hingga tanda plus warna putih berubah menjadi tanda panah dua arah.
2.     Klik tombol kiri mouse, dan sambil terus menekan mouse geser (drag)-lah mouse hingga tinggi baris sesuai yang diinginkan.



C.    Mangatur Format Tampilan Huruf
1.      Format Melalui Perintah di Baris Menu
a.       Sorot sel atau range yang akan Anda format.
b.       Pilih dan Klik menu Format (O), Cells (CTRL+1), dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan.
c.        Pada kotak dialog Format Cells tersebut, klik tab Font.
d.       Tambahkanlah efek khusus yang diinginkan pada teks dan klik OK.
 












2.     Format Melalui Toolbar
Jenis-jenis Perintah Toolbar untuk Melakukan Format Tampilan Huruf
·       Text Font             : Memilih bentuk huruf.
·       Font size                : Mengubah ukuran huruf.
·       Bold                       : Menampilkan huruf tebal.
·       Italic                      : Menampilkan huruf miring.
·       Underline               : Memberi garis bawah.
·       Font Color             : Memilih warna huruf

D.    Meratakan Tampilan Data
1.      Meratakan Data dengan Perintah di Baris Menu
a.       Sorotlah sel atau range yang akan Anda ubah tampilan datanya.
b.       Pilih dan Klik menu Format (O), Cells (CTRL+1), dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan.
c.        Pada kotak dialog tersebut, klik tab Alignment.
d.       Lakukan pemilihan sesuai keinginan Anda pada kotak:













(1)   Vertical : Memilih perataan secara vertical. Pilihan yang dapat dilakukan adalah Top (rata atas), Center (rata tengah), dan Justify (seluruh data ditampilkan pada sel secara penuh).
(2)  Horizontal, beberapa pilihan yang dapat dilakukan adalah:
·       General                                    : Huruf ditampilkan rata kiri dan angka rata kanan.
·       Left (Indent)                            : Data ditampilkan rata kiri.
·       Center                                      : Data ditampilkan rata tengah.
·       Right                                       : Data ditampilkan rata kanan.
·       Fill                                           : Mengisi seluruh sel dengan mengulang data.
·       Justify                                     : Data ditampilkan pada sel secara penuh.
·       Center Across Selection           : Data ditampilkan ditengah-tengah beberapa kolom.
(3)  Orientation : Mengatur orientasi data dan derajat kemiringannya.
e.        Klik OK.



2.     Meratakan Data dengan Perintah pada Toolbar
Jenis-jenis Perintah untuk Meratakan Data pada Toolbar
·       Align Left              : Data ditampilkan rata kiri.
·       Center                    : Data ditampilkan rata tengah.
·       Align Right            : Data ditampilkan rata kanan.
·       Merge and Center : Menyambung beberapa kolom, dan menaruh data ditengah kolom baru tersebut.

E.     Menambahkan Garis Pembatas dan Bingkai
1.       Sorotlah sel atau buatlah range, tempat yang akan diberi bingkai.
2.     Pilih dan Klik menu Format (O), Cells (CTRL+1), Lalu klik tab border.
3.     Pada bagian Presents, pilih dan klik salah satu tombol berikut.
 












a.       None, Menghapus garis pembatas dan bingkai.
b.       Outline, Membuat bingkai di sekeliling sel atau range.
c.        Inside, Membuat garis pembatas  di dalam range.
4.    Pada bagian Border, pilih dan klik garis pembatas yang diinginkan.
5.     Pada kotak pilihan Style, pilih jenis garis yang diinginkan.
6.     Pada kotak pilihan Color, pilihlah jenis warna yang diinginkan.
7.      Gambar di bagian border adalah preview bingkai atau garis pembatas yang telah Anda set. Klik OK bila sudah selesai.

F.     Menyisipkan Sel, Baris, dan Kolom
1.       Sorotlah sel, atau buatlah range tempat sel, baris, atau kolom baru akan disisipkan.
2.     Pilih dan klik dibaris menu:
a.       Insert, Rows    : Menyisipkan baris baru.
b.       Insert, Column : Menyisipkan kolom baru.
c.        Insert, Cells     : Menyisipkan sel baru.

G.   Menghapus Sel, Baris, dan Kolom
Untuk memperbaiki penulisan data dapat ditempuh dengan menghapus sel, baris ataupun kolom.
1.       Sorot sel atau range tempat sel, baris, atau kolom yang akan dihapus.
2.     Pilih dan klik menu Edit, Delete. Kotak dialog Delete akan ditampilkan.
3.     Pilih dan klik salah satu pilihan berikut ini,
a.       Shift cells left, Menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama di sebelah kanannya.
b.       Shift cells up, Menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada kolom sama disebelah bawahnya.
c.        Entire row, Menghapus seluruh baris pada sel atau range yang Anda sorot.
d.       Entire column, Menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang Anda sorot.
e.        Klik OK.



SOAL EVALUASI BAB 6
     
1.      Ikon dibawah ini berfungsi untuk…               
  



a.       Menampilkan huruf miring
b.       Mampilkan bentuk huruf
c.       Memberi warna huruf
d.       Mengubah ukuran huruf
e.       Memberi garis bawah
2.   [1] Pilih dan Klik menu Format (O), Cells (CTRL+1), dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan.
[2]Pada kotak dialog Format Cells tersebut, klik tab Font.
[3] Sorot sel atau range yang akan Anda    format.
[4]Tambahkanlah efek khusus yang diinginkan pada teks dan klik OK.
     Urutan langkah-langkah untuk mengatur format melalui perintah di baris menu, adalah…
a.       [1], [2], [3], [4]
b.       [3], [1], [2], [4]
c.       [4], [3], [2], [1]
d.       [3], [4], [2], [1]
e.       [2], [3], [4], [1]

3.     Ikon dibawah ini berfungsi untuk…
 


a.       Menampilkan huruf miring
b.       Mampilkan bentuk huruf
c.       Memberi warna huruf
d.       Mengubah ukuran huruf
e.       Memberi garis bawah

4.  Jenis perintah untuk menampilkan huruf miring adalah…
a.       Font Size
b.       Bold
c.       Italic
d.       Underline
e.       Text Font
5.     Lihatlah gambar berikut ini !














Pada gambar tersebut terdapat tombol Outline, yang berfungsi sebagai…
a.       Membuat bingkai di sekeliling sel atau range
b.       Menghapus garis pembatas dan bingkai
c.       Membuat garis pembatas di dalam range
d.       Membuat bingkai di luar sel atau range
e.       Menghapus bingkai di sekeliling sel atau range
6.     Baris menu untuk menyisipkan kolom baru adalah…
a.       Insert, Rows         
b.       Insert, Cells          
c.       Insert, Column
d.       Insert, Table
e.       Insert, Range
7.      Untuk menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama disebelah kanannya menggunakan…
a.       Shift cells up
b.       Shift cells down
c.       Shift cells left
d.       Entire row
e.       Entire column
8.     Entire row berfungsi untuk…
a.       Menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama di sebelah kanannya
b.       Menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada kolom sama disebelah bawahnya
c.       Menghapus seluruh baris pada sel atau range yang Anda sorot
d.       Menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang Anda sorot
e.       Melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah dari data yang cukup banyak dalam suatu range tertentu
9.     Shift cells up berfungsi untuk…
a.       Menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada baris sama di sebelah kanannya
b.       Menghapus isi sel atau range yang Anda sorot dan menggantinya dengan data pada kolom sama disebelah bawahnya
c.       Menghapus seluruh baris pada sel atau range yang Anda sorot
d.       Menghapus seluruh kolom pada sel atau range yang Anda sorot
e.       Melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah dari data yang cukup banyak dalam suatu range tertentu
10.  Perhatikan gambar berikut ini !

      
      Fungsi dari kotak dialog diatas, adalah…
a.       Mengatur Lebar Kolom Menggunakan Mouse
b.       Mengatur Lebar Kolom Sesuai Data Terpanjang
c.       Mengatur Format Tampilan Huruf
d.       Mengatur Tinggi Baris
e.       Meratakan Tampilan Data



11.      Kombinasi tombol untuk menampilkan kotak dialog Format Cells, adalah…
a.       CTRL+1
b.       CTRL+2
c.       CTRL+3
d.       CTRL+4
e.       CTRL+5
12.  Perintah untuk mengubah lebar kolom adalah…
a.       Format, Column, Autofit selection
b.       Format, Column, Hide
c.       Format, Column, Unhide
d.       Format, Column, Width
e.       Format, Column, Height
13. [1]Pada kotak dialog tersebut, klik tab Alignment.
 [2]Pilih dan Klik menu Format (O), Cells (CTRL+1), dan kotak dialog Format Cells akan ditampilkan.
 [3]  Sorotlah sel atau range yang akan Anda ubah tampilan datanya.
 [4] Lakukan pemilihan sesuai keinginan Anda
 [5]Klik OK
     Urutan yang benar untuk meratakan data dengan perintah di baris menu, adalah…
a.       [3], [2], [1], [4], [5]
b.       [1], [4], [5], [2], [3]
c.       [2], [3], [4], [5], [1]
d.       [4], [1], [5], [2], [3]
e.       [3], [1], [2], [4], [5]
14. Untuk megisi seluruh sel dengan mengulang data adalah fungsi dari…
a.       General                      d.   Indent
b.       Justify                       e.   Fill
c.       Right
15.   Indent berfungsi untuk…
a.       Data ditampilkan rata tengah
b.       Data ditampilkan rata kiri
c.       Data ditampilkan rata kanan
d.       Data ditampilkan pada sel secara penuh
e.        Data ditampilkan ditengah-tengah beberapa kolom


Post By : Intan Helen Diarty
Kelas : XI IPA 1
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar